Jumat, 27 Juni 2008

PeMiKiRaN seJeNaK

oleh : BiaN aNaTa

Aku mencoba untuk memahami bnyk makna dr khdpn, ketika brada diruang lingkup kondisi tertentu, seringkali terpikirkan tulisan hati yg terbatin. Sederhananya ketika dlm kreta ekonomi yang penuh sesak, tulisan batinku seperti ini…

"kita smua tergencet oleh perjalanan panjang, fenomena ni pnya bnyk crita intim yg memuat makna, perjalanan ini trasa sngat menyesakkan, hati saling brpautan melawan pemikiran ganda karena sosial, smua ini jd cerita masa depan yang mensyukuri,juga optimis.Amin."

Ktka menulis ini,aku melintas di dpn padang rmpt yg trdapat puluhan kambing sedang mkn rmpt,aku trsenyum, di areal seluas itu knp mrk tdk menyebar bebas untk makan scr puas,tp malah bergerombol umpel-umpelan. Sederhananya,ternyata makhluk sosial bkn hnya buat manusia aja,hewan jg…,hanya pemikiran sejenak,kemudian damai.

Bbrp jm sblm menulis crita kmbig ini, aku melakukan pendakian gunung lawu, prjalanan pnh crita, yg menarik disini adlh sosok Mbok Yem,manusia yg tinggal di suatu lokasi brnama Argodalem, sedikit di bwh puncak Lawu,sudah bertahun-tahun

Beliau tinggal disitu,aku tersenyum………….,seorang makhluk sosial yang punya karakter kental.

Ketika sekolah , sblum kuliah, srng trdengar kalimat bhwa manusia adalah makhluk sosial, sepele benar memang, tapi pernyataan itu jadul menurutku, pernyataan itu lbh baik diganti dngn pernyataan bhwa makhluk Tuhan adalah makhluk sosial…hanya pemikiran sejenak,kemudian tenang.

Ktka aku berada di puncak gunung,yg ombak awan di bwh kita,yg angina dingin menusuk sejuk,yg bukit bergulung-gulung,yg kmudian senyum,berpikir,mau kmna lg kita,berteriak saja untk tenang,kmudian damai.

Ayuk menjadi makhluk sosial yg bebas dan damai untuk positif yg idealis bkn apatis yang optimis bukan sinis sehingga punya kehidupan yng manis.Peace!!!


Tidak ada komentar: